left5
Blog

5 Makanan Khas Jogja yang Bikin Ketagihan

Oseng-Oseng Mercon, Sate Klatak, Jadah Tempe, Kopi Joss, Walang/Belalang Goreng

Selain destinasai wisata, makanan khas jogja juga menarik perhatian banyak wisatawan. Gudeg dan bakpia mungkin paling terkenal di kalangan wisatawan, tapi nih mimin kasih bocoran makanan khas Jogja lainnya yang nggak boleh kamu lewatkan, tebak apa aja?

1. Oseng-Oseng Mercon

Mercon dalam Bahasa Jawa itu artinya petasan. Jadi makan oseng-oseng petasan gitu? Nggak dong hehehe. Oseng-oseng mercon itu terbuat dari irisan daging sapi dan cabe rawit setan yang di masak secara bersamaan. Mungkin perbandingan cabe dan dagingnya 5:10 kali ya, karena lebih banyak cabenya dibanding dagingnya, jadi bisa bayangin dong pedesnya kayak gimana? Meledak-ledak kayak petasan gitu. Cocok banget buat kalian yang pencinta pedas.

 

2. Sate Klatak

Sate yang satu ini beda dari sate yang lainnya, karena Sate dengan bahan daging sapi ini dibakar menggunakan jeruji besi, bukan tusuk sate seperti biasanya. Rasanya? Jangan tanya lagi deh, setelah dibakar sampai matang, Sate Klatak akan disiram dengan kuah gulai dan rasanya semakin uwuw hehehe. Kebanyakan pedagang Sate Klatak bisa ditemukan di daerah Imogiri, Bantul. Lumayan jauh untuk perjalanannya, tapi gak akan rugi kalau sudah makan satenya.

 

3. Jadah Tempe

Jadah tempe adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari olahan ketan dengan campuran kelapa nan gurih dan dimakan bersamaan dengan tempe bacem, kalo ada yang suka pedes boleh ditambah cabe rawit ijo yang membuat rasa jadah tempe ini semakin wuenak.  Untuk kisaran harga jadah tempe ini lumayan murah lho, mulai dari Rp3.000,- sampai Rp30.000,- saja. Kamu bisa menemukan pedagang Jadah Tempe ini di sekitaran Kaliurang, arah mau ke Gunung Merapi, jangan sampai kelewatan ya!

 

4. Kopi Joss

Kopi Joss ini sebenarnya sama dengan kopi yang kamu buat di rumah. Uniknya, kopi hitam ini ditambahkan arang yang sudah panas ke dalamnya dan seketika akan terdengar suara “jossss”.  Nah ini yang membuat namanya jadi Kopi Joss. Ternyata, Kopi Joss ini dipercaya menghilangkan sakit perut seperti kembung dan mulas. Dengan harga murah, kamu juga bisa dapat khasiatnya.

 

5. Walang/Belalang Goreng

Di daerah Gunung Kidul, belalang goreng ini jadi primadona bagi para wisatawan. Karena unik dan pasti penasaran dengan rasanya. Biasanya belalang goreng ini dijadikan camilan dan lauk pendamping nasi bagi warga sekitar. Meskipun awalnya ngeri juga makan belalang goreng, tapi kalo sudah tahu rasanya pasti gak bakalan berhenti deh buat makan, karena rasanya yang gurih dan ternyata mengandung protein tinggi juga. Gimana, mau nyoba?

 

Itulah beberapa makanan khas Jogja yang harus kalian coba, mungkin namanya terdengar aneh dan unik tapi rasa dan khasiatnya gak ada yang menandingi.

Bagi kalian yang ingin eksplore tempat wisata Jogja dan kuliner khas Jogja, bisa mengikuti paket wisata Jogja kami, Klik di sini untuk melihat detailnya

Jika kalian ingin bertanya atau berkonsultasi tentang Paket Wisata, kalian bisa langsung menghubungi kami gratis via Telp/SMS/WA:

0811-2827-314 0811-2827-315

Atau kalian juga bisa datang langsung ke Outlet kami di:

Jl. Wonosari km 7.5 Mantup, Banguntapan, Yogyakarta
Tags

2 thoughts on “5 Makanan Khas Jogja yang Bikin Ketagihan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also Close
Copyrighted.com Registered & Protected