left5
Artikel

Bangunan Candi Borobudur dengan Struktur yang Menakjubkan

Siapa sih yang tidak mengenal Candi Borobudur? Candi Budha terbesar di dunia dan pernah dinobatkan oleh UNESCO sebagai 7 keajaiban dunia ini. Pada kesempatan ini, Arena Wisata ingin sedikit memperkenalkan Bangunan Candi Borobudur.

Bangunan Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan Candi Buddha terbesar di dunia. Candi ini terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi Buddha terbesar ini, dibangun sekitar abad ke-8 masehi oleh para penganut agama Buddha Mahayana pada masa Dinasti Syailendra. Kemudian ditemukan kembali oleh Sir Thomas Stamford Raffles, yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jenderal Inggris atas Jawa.

Struktur bangunan Candi Borobudur ini tersusun dari 6 teras berbentuk kotak dan di bagian atasnya terdapat tiga pelataran melingkar, yang mana di bagian didingnya terdapat 2.672 panel relif dan aslinya terdapat 504 arca Buddha.

Bangunan Candi Borobudur yang menakjubkan

Candi Borobudur dibagun dengan mencerminkan kehidupan alam semesta dan dijadikan sebagai tempat suci umat Buddha untuk mengarahkan umat manusia yang bernafsu dunia menuju lebih baik sesuai dengan ajaran Buddha. Dalam ritual umat Buddha disini, para peziarah akan memasuki wilayah candi dari arah timur dan memulai ritualnya dari bagian dasar candi. Kemudian, berjalan mengelilingi candi sesuai arah jarum jam dari satu teras ke teras berikutnya. Setiap teras ini dibagi menjadi tiga zona dengan arti yang berbeda-beda.

 

Silahkan baca juga tawaran Paket Wisata Murah kami:
  1. Paket Wisata jogja
  2. Paket Wisata Karimunjawa
  3. Paket Wisata Malang
  4. Paket Wisata Bali
  5. Paket Wisata Lombok

 

Zona Kamadhatu (ranah hawa napsu)

Zona Kamadhatu (ranah hawa napsu) yang memiliki 160 relief  ini menjelaskan tentang Karmawibhangga Sutra atau hukum sebab akibat dan juga berkaitan dengan sifat dan nafsu manusia seperti merampok, memperkosa, finah, penyiksaan dan membunuh. Zona ini adalah zona kaki candi atau bagian bawah pada bangunan Candi Borobudur.

Zona Kamadhatu Candi Borobudur

Zona Rupadhatu (ranah berwujud)

Pada zona ini manusia mulai terbebas dalam urusan dunia. Memiliki 1.300 relief yang terdiri dari Gandhawyuda, Lalitawistara, Jatanakan dan Awadana. Galeri ukiran. Rupadhatu terdapat galeri ukiran batu dan patung Buddha. Rupadhatu adalah bagian tengah yang terdiri dari lorong terang dan ruang kecil.

Zona Rupadhatu Candi Borobudur

Zona Arupadhatu (ranah tak berwujud)

Zona berikut ini merupakan bagian yang tidak ada ornamen maupun hiasan, yang berarti menggambarkan kemurnian tertinggi. Pada zona ini terdiri dari tiga serambi berbentuk melingkar yang mengelilingi stupa utama terbesar yang menjadi mahkota bangunan megah ini dan  terdapat 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat Buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra atau memutar roda dharma.

Zona Rupadhatu Candi Borobudur

Nah, gimana sahabat Arena, sudah tahu kan sekarang gimana bangunan Candi Borobudur dengan struktur yang menakjubkan ini?
Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di next artikel ya sahabat Arena ^_^

Jika kalian ingin bertanya atau berkonsultasi tentang Paket Wisata, kalian bisa langsung menghubungi kami gratis via Telp/SMS/WA:

0811-2827-314 0811-2827-315

Atau kalian juga bisa datang langsung ke Outlet kami di:

Jl. Wonosari km 7.5 Mantup, Banguntapan, Yogyakarta
Tags

Related Articles

Copyrighted.com Registered & Protected