left5
ArtikelCandi

Fungsi Candi yang Benar

Hai sahabat Arena, karena banyak yang mencari Fungsi Candi, maka kami membuat artikel ini agar kalian dapat memahaminya.

Fungsi Candi pada umumnya

  • Candi Gerbang

Ini dibangun untuk pintu masuk menuju tempat istana / kerjaaan jaman dahulu, jadi fungsi candi ini sebagai pintu masuk atau bisa di sebut juga dengan Gapura.

Contoh: gerbang di kompleks Wringin Lawang, Ratu Boko, Bajang Ratu, dan candi Plumbangan.

Fungsi Candi Gerbang

 

  • Candi Pemujaan

Candi ini dibangun untuk pemujaan terhadap dewa, dewi, atau bodhisatwa tertentu.

Contoh: candi Canggal, candi Prambanan, candi Sambisari, dan candi Ijo yang menyimpan lingga serta dipersembahkan utamanya untuk Siwa, candi Kalasan dibangun guna memuliakan Dewi Tara, sedangkan candi Sewu untuk memuja Manjusri.

Fungsi Candi Pemujaan

 

  • Candi Pedharmaan

Fungsi candi ini dibangun guna memuliakan tokoh penting yang telah meninggal atau arwah raja . Candi ini termasuk pribadi dan terkadang berfungsi sebagai candi pemujaan juga karena arwah raja yang telah meninggal seringkali dianggap bersatu dengan dewa perwujudannya.

Contoh: Candi Simping di Blitar, tempat Raden Wijaya didharmakan sebagai dewa Harihara. candi Belahan tempat Airlangga dicandikan, arca perwujudannya adalah sebagai Wishnu menunggang Garuda.

Fungsi Candi Pedharmaan

 

Silahkan baca juga tawaran Paket Wisata Murah kami:
  1. Paket Wisata jogja
  2. Paket Wisata Karimunjawa
  3. Paket Wisata Malang
  4. Paket Wisata Bali
  5. Paket Wisata Lombok

 

  • Candi Stupa

Candi ini didirikan sebagai lambang Budha atau menyimpan relik buddhis, atau sarana ziarah di agama Buddha. Secara tradisional fungsi candi stupa ini digunakan untuk menyimpan relikui buddhis seperti abu jenazah,potongan kuku, rambut,  kerangka, atau gigi yang dipercayai milik Buddha Gautama, atau bhiksu Buddha yang terkemuka, atau keluarga kerajaan penganut Buddha. Beberapa stupa lainnya dibangun sebagai ritual agama atau sarana ziarah.

Contoh: candi Sumberawan, candi Borobudur, dan candi Muara Takus.

Fungsi Candi Stupa

 

  • Candi Petirtaan

Ini biasanya didirikan didekat sumber air atau di tengah kolam dan fungsi candi ini adalah sebagai pemandian,

Contoh: Jalatunda, Petirtaan Belahan, dan candi Tikus.

Fungsi Candi Petirtaan

 

  • Candi Pertapaan

Candi ini biasanya didirikan di lereng-lereng gunung tempat bertapa / sembahyang.

Contoh: kelompok candi Dieng dan candi Gedong Songo, serta Candi Liyangan di lereng timur Gunung Sundoro, candi-candi di lereng Gunung Penanggungan, diduga selain berfungsi sebagai pemujaan, juga merupakan tempat pertapaan sekaligus situs permukiman.

Fungsi Candi Pertapaan

 

  • Candi Wihara

Ini dibangun untuk tempat para pendeta atau biksu tinggal dan bersemadi, fungsi candi seperti ini biasanya sebagai asrama atau permukiman.

contoh: candi Sari dan Plaosan

Fungsi Candi Wihara

 

Itulah fungsi candi yang sering dicari, Seringkali bangunan purbakala disebut sebagai candi, seperti batur-batur landasan pendopo berumpak, gerbang dan tembok, dan bangunan lain yang sebenarnya bukan merupakan candi. Bangunan-bangunan seperti ini banyak di temui di situs Trowulan, atau paseban atau pendopo di kompleks Ratu Boko, yang merupakaan bangunan keagamaan.

Sementara itu dulu yang bisa Arena Wisata ulas tentang Fungsi Candi yang sering di cari. Jika kalian akan mengunjungi beberapa candi di Jogja, kalian bisa klik Link ini : Paket Wisata Jogja

Jika kalian ingin bertanya atau berkonsultasi tentang Paket Wisata, kalian bisa langsung menghubungi kami gratis via Telp/SMS/WA:

0811-2827-314 0811-2827-315

Atau kalian juga bisa datang langsung ke Outlet kami di:

Jl. Wonosari km 7.5 Mantup, Banguntapan, Yogyakarta
Tags

1 thought on “Fungsi Candi yang Benar”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *