left5
Blog

Situs Gunung Padang adalah Piramida Tertua di Dunia

Piramida tertua telah ditemukan di Indonesia tepatnya berada di Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat. Situs Gunung Padang ini merupakan peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Penemuan pertama mengenai keberadaan situs ini dimuat pada Rapporten van de Oudheidkundige Dienst (ROD, “Buletin Dinas Kepurbakalaan”) tahun 1914 dan sejarawan Belanda N. J Krom pada tahun 1949 dan sempat terlupakan. Lalu pada tahun 1979 tiga penduduk setempat yang bernama Edi, Soma dan Abidin menemukan keberadaan tumpukan batu-batu persegi besar dengan berbagai ukuran yang tersusun.

 Situs Gunung Padang  Situs Gunung Padang cianjur jabar

Departemen Pendidikan Kebudayaan Cianjur lalu melakukan pengecekan, ditindak lanjutkan kajian arkeologi, sejarah dan geologi yang dilakukan Puslit Arkenas pada tahun 1979 terhadap situs ini.

Menurut riset ternyata piramida ini lebih tua Piramida Agung Giza Mesir. Diperkirakan piramida ini lebih besar dari Candi Borobudur, banyak ilmuan-ilmuan dalam negeri maupun luar negeri tertarik dengan piramida ini untuk menggali sejarah pada Situs Gunung Padang ini.

 Situs Gunung Padang cianjur jabar  Situs Gunung Padang cianjur jabar

 

Silahkan baca juga tawaran Paket Wisata Murah kami:
  1. Paket Wisata jogja
  2. Paket Wisata Karimunjawa
  3. Paket Wisata Malang
  4. Paket Wisata Bali
  5. Paket Wisata Lombok

 

Meski begitu belum ada yang mengetahui apa yang tersembunyi dan terkubur pada Gunung Padang itu. Dalam sebuah studi yang dipresentasikan pada pertemuan American Geophisical Union tahun 2018, tim peneliti Indonesia memaparkan data-data yang menyatakan bahwa Situs Gunung Padang ini merupakan Struktur Piramida tertua di dunia.

 Situs Gunung Padang cianjur jabar

Studi kami membuktikan bahwa situs ini tidak hanya menutupi lapisan atas, tapi juga membungkus lereng gurung sekitar 15 hektar. Dengan munggunakan kombinasi dan metode survey Groud Penetration Radar (GPR), Tomografi Seisimik dan penggalian Tim Arkeologi menemukan bahwa bagian atas terdiri dari kolom-kolom batu, dinding, jalan dan ruang-ruang. Sementara dilapisan kedua sekitar 1-3 meter di bawah permukaan bagian atas, menurut peneliti lapisan kedua ini adalah susunan batu kolom yang diatur dalam struktur matriks. Dibawahnya terdapat lapisan ketiga yang terdiri dari batuan bersusun, ruang bawah yang besar-besar memanjang sampai kedalaman sekitar 15 meter. Dan dilapisan keempat terbuat dari batuan basalt yang dimodifikasi atau diukir oleh tangan manusia. Penanggalan radiokarbon menunjukkan lapisan pertama berusia sekitar 3.500 tahun, lapisan kedua sekitar 8.000 tahun dan lapisan ketiga sekitar 9.500 hingga 28.000 tahun.

 

Nah itu lah yang bisa arena ulas tentang Situs Gunung Padang mungkin bisa menambah pengetahuan kita. Terimakasih..

Jika kalian ingin bertanya atau berkonsultasi tentang Paket Wisata, kalian bisa langsung menghubungi kami gratis via Telp/SMS/WA:

0811-2827-314 0811-2827-315

Atau kalian juga bisa datang langsung ke Outlet kami di:

Jl. Wonosari km 7.5 Mantup, Banguntapan, Yogyakarta
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *