left5
ArtikelBlogWisata JogjaYogyakarta

Taman Bunga Matahari Jogja Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Taman Bunga Nawari, Bejiharjo, Gunung Kidul

Taman Bunga Nawari, Bejiharjo, Gunung Kidul.

Gunungkidul seperti tak ada habisnya untuk memunculkan wahana-wahana wisata baru, seperti taman bunga matahari di Jogja satu ini yang masih hangat diperbincangkan oleh para pecinta wisata. Bernama Taman Bunga Nawari yang menyuguhkan sebuah taman bunga matahari dengan luas lahan setengah hektar atau sekitar 5.000 meter persegi.

Taman ini sangat cocok sekali bagi pecinta bunga apalagi pecinta bunga matahari. Karena ditempat ini telah ditanam banyak sekali bunga matahari. Selain menikmati keindahan bunganya, wisatawan juga dapat mengabadikan foto-foto yang instagramable ditempat ini. Di antara hamparan bunga matahari, terdapat lorong-lorong seperti koridor untuk spot berfoto. Bunga matahari sangatlah cocok tumbuh di lahan Gunungkidul yang cenderung kering. Apalagi tanaman ini bisa berbunga sepanjang tahun dengan masa mekar yang relatif panjang hingga 2-3 bulan.

Di Taman Bunga Nawari, wisatawan juga bisa berfoto dengan menggunakan pakaian Jawa dan Kimono khas Negeri Jepang yang telah disediakan oleh pengelola. Pakaian ini disewakan dengan tarif sewa sebesar Rp25.000 per kostum. Di Taman Bunga Matahari Jogja ini, wisatawan juga bisa memilih lokasi foto di hamparan bunga matahari selain di lorong-lorong tanaman. Di sana telah disediakan panggung-panggung kecil dengan ketinggian bervariasi yakni 1-4 meter. Dengan berdiri di panggung, wisatawan  seolah akan melayang di antara hamparan bunga matahari. Sedangkan tarif tiket masuk ke taman bunga ini sebesar Rp6.000 per orang baik untuk pengunjung domestik maupun mancanegara.

Bagi kalian yang ingin mengunjungi tempat ini, jika dari arah Kota Yogyakarta bisa mengambil jurusan ke Kota Wonosari. Setelah sampai di Kota Wonosari, bisa mencari petunjuk ke arah Desa Grogol-Bejiharjo. Nah, Taman Nawari tepat berada di seberang perempatan itu. Jika kalian bingung, bisa memanfaatkan GPS yang ada di handpone untuk mencari arah menuju kesana.

Waktu terbaik untuk mengunjung Taman Bunga Nawari adalah pada saat pagi hari hingga pukul 09.00. Pada jam-jam tersebut, kondisi bunga matahari sedang segar setelah disiram dan pengunjung juga belum begitu ramai. Jika kalian tidak bisa datang pada waktu pagi, sebaiknya memilih waktu pada sore harinya setelah pukul 16.00.

Di sekitar taman bunga ini ada beberapa aturan yang telah dipasang di atas papan kayu. Sebaiknya wisatawan membaca dengan seksama. Sepertihalnya ada aturan tidak boleh memetik atau menginjak bunga matahari. Apabila pengunjung melanggar, maka akan dikenakan didenda sebesar Rp50.000 per bunga yang dirusak. Selain berfoto dengan hamparan bunga matahari, pengunjung juga bisa membawa pulang satu pohon bunga matahari dalam pot dengan harga Rp30.000 per bibitnya.

 

Taman Bunga Matahari di Helio Garden, Kaliurang

Taman Bunga Matahari di Helio Garden, Kaliurang

Kebun Bunga Matahari dari Helio Garden Yogyakarta atau yang sering disingkat HGY menyajikan budidaya ribuan tanaman bunga matahari. Dengan mengusung konsep Sunflower Forest, kawasan wisata hits ini menawarkan suasana sejuk dan tenang khas persawahan yang berada di kaki Gunung Merapi. Kebun Bunga Matahari Helio Garden ini berbeda dengan kebun bunga matahari lainnya. Taman bunga matahari Jogja ini yang dibudidayakan bisa tumbuh sangat subur, bahkan tingginya mampu mencapai 2,5 meter. Tak hanya itu, bunga matahari juga bisa berukuran besar seukuran wajah.

Helio Garden Kebun Bunga Matahari ini mempunyai luas 2.600 meter persegi. Anda bisa berfoto selfie sepuasnya dengan latar belakang bunga matahari yang cantik. Hal inilah yang membuat Taman Bunga Matahari Kaliurang dikenal sebagai wisata agro sekaligus wisata selfie. Kawasan wisata yang baru dibuka pada Tahun 2018 ini seketika langsung viral di media sosial. Hal ini berkat netizen yang mengekspos spot cantik liburan di wisata ini. Kebun Bunga Matahari ini terbukti memberikan alternatif wahana wisata baru di kawasan utara Kota Jogja.

Helio Garden mempunyai lokasi yang strategis. Tempat wisata ini berada di jalan menuju kawasan wisata Kaliurang, tepatnya di Jalan Kaliurang km.21, Dusun Purworejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi Taman Bunga Matahari Helio Garden ini berjarak sekitar 1,5 km sebelah selatan Merapi Park atau yang dikenal dengan Museum Merapi. Mengenai lahan parkir sendiri diletakan di Gelanggang Olahraga Bethesda yang terletak tak jauh dari Helio Garden tersebut. Pastikan anda mengunjungi kawasan wisata Taman Bunga Matahari Helio Garden ini saat berada di Kota Jogja.

Bagi anda yang penasaran dan tertarik untuk memasuki kawasan wisata Helio Garden, anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Saat anda mengunjungi Kebun Bunga Matahari Helio Garden, anda tidak diperbolehkan untuk memetik bunga sembarangan. Pastikan juga anda selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Dikarenakan letaknya di dataran yang tinggi, hal ini berpengaruh dengan tinggi batang bunga matahari yang ditanam. Bunga matahari pun bisa lebih menjulang tinggi. Disamping itu, di Helio Garden juga terdapat tempat khusus untuk berdiri ketika foto. Hal ini dihadirkan dengan tujuan supaya tidak tertutup oleh batang bunga matahari yang memang menjulang tinggi. Tak hanya lokasi untuk foto, di kebun bunga matahari ini juga terdapat tempat jualan benih biji bunga matahari.

Anda hanya perlu membayar sebesar Rp6.000 untuk bisa membawa pulang benih bunga matahari berjumlah 30 biji. Tak hanya benih biji bunga matahari saja, anda juga bisa membeli bunga matahari segar di Taman Bunga Matahari Kaliurang. Anda hanya perlu meminta petugas jaga untuk memetikkan bunga matahari segar. Dalam hal ini, anda cukup merogoh kocek sebesar Rp20.000 untuk bunga kecil dan Rp35.000 untuk bunga besar.

 

Kebun Bunga Matahari Pantai Glagah, Kulon Progo

Kebun Bunga Matahari Pantai Glagah, Kulon Progo

Dewasa ini berbagai sosial media bercerita melalui akun-akun anggotanya, tentang keindahan wisata spot bunga matahari Yogyakarta yang menjadi buruan utama. Sebelum nya telah ada wisata serupa di daerah Bantul yakni wisata taman bunga Matahari di Bantul yang begitu hits, namun kini telah hadir wisata baru kebun bunga matahari pantai Glagah Kulon Progo yang mampu menarik perhatian traveler Jogja hingga luar daerah. Wisatawan rela beramai-ramai berwisata taman bunga matahari ini demi mendapatkan background foto, sebagai menambah album foto di sosial media mereka. Tak perlu heran bila trend wisata spot foto bertemakan taman bunga matahari Jogja, dalam seketika hits dan banyak peminatnya. Pada mulanya taman bunga matahari samas menjadi begitu viral di berbagai sosial media merupakan kebun bunga milik bu Etik Purwanti yang digunakan sebagai cabai-cabai dari hembusan angin laut. Namun lantaran lokasinya menarik dipakai lokasi foto, jadi sangat cepat taman ini di dikunjungi wisatawan instagrammers.

Setelah berjalan beberapa bulan, kini bunga matahari di tanam di berbagai tempat di Pantai Glagah. Tak perlu waktu yang lama, dalam seketika lokasi kebun bunga matahari Pantai Glagah didatangi ratusan wisatawan berkunjung.

Ketika liburan tiba, anda dapat berwisata Pantai Glagah Kulon Progo, sepertinya tidak ada yang bisa lebih indah selain menikmati keindahan pantai, bukan. Menjadi keunikan dari kawasan wisata pantai Glagah ialah terdapat tanaman matahari yang begitu indah mempesona. Maka sebaiknya segera mengunjungi wisata tersebut, mumpung sekarang ini ialah musim tanaman yang memiliki nama latin helianthus annuus ini bermekaran. Sehingga bunga-bunga matahari terlihat cantik mempesona, sehingga membuat hati tak sabar berselfie.

Tak perlu biaya besar bagi traveler menikmati pesona bunga Matahari di Pantai Glagah, karena tiket Taman Matahari Pantai Glagah hanya bekisar Rp5.000 per orang, maka anda telah diperbolehkan berselfie ria di taman indah ini. Ingat sebagai wisatawan bijak jangan sampai merusak tanaman milik orang ya.

Begitulah informasi seputar alamat dan tiket Taman Bunga Matahari di Pantai Glagah Kulon Progo, semoga bermanfaat bagi teman-teman hendak menikmati pesona alam bunga matahari di Kulon Progo,

Kebun Bunga Asri, Sanden, Bantul

 Kebun Bunga Asri, Sanden, Bantul

Taman Bunga Matahari Bantul ngehits maksimal belakangan ini. Apalagi, sekitar Bulan Oktober tahun kemarin, bunga-bunga matahari di kebun ini semuanya sedang mekar. Kebayang dong, gimana instageniknya hamparan bunga matahari yang begitu luas. Bener-bener pilihan latar yang sempurna untuk selfie, wefie, groupie, bahkan taman bunga matahari Jogja ini bisa jadi landscape photography view yang sayang banget bila sampai dilewatkan.

Tak hanya bagi pengunjung wisatawan dari luar Yogyakarta, bahkan warga Bantul sekalipun cukup antusias menikmati keindahan Taman Bunga Matahari Bantul. Wajarlah ya, habisnya bunga berwarna kuning cerah yang luas membentang ini memang tampak cantik banget. Terhampar pada sebidang lahan seluas 1000 meter persegi, tentulah Taman Bunga Matahari Bantul ini menjadi pemandangan yang menarik. Lokasi spot instagenik ini juga mudah diakses, jadi pengunjung semakin ramai saja dari hari ke hari.

Tampaknya Taman Bunga Matahari Bantul memang disiapkan untuk latar selfie, menilik dari lorong-lorong setapak yang sepertinya ditujukan untuk pejalan kaki. Tapi, you know what, traveler? Bila diperhatikan lebih teliti, di bawah bayang-bayang bunga matahari yang cukup besar ini, ada tanaman cabai. Yak, bunga-bunga besar ini memang menaungi cabai yang sengaja ditanam untuk kemudian dipanen. Jadi, tak hanya berhati-hati supaya tak merusak tanaman bunganya, saat berkunjung kemari Dolaners juga wajib berhati-hati jangan sampai merusak tanaman cabainya.

Taman Bunga Matahari Jogja/Bantul ini juga dikenal dengan nama Kebun Bunga Matahari Etik Purwanti. Ibu Etik Purwanti inilah yang memiliki lahan taman bunga ini, eh bukan, lahan kebun cabai sebenarnya. Bertani cabai di sebuah lahan dekat pantai berisiko angin yang berhembus kencang. Sekitar pertengahan tahun kemarin, Ibu Etik Purwanti mengganti tanaman kenikir dengan bunga-bunga matahari. Hasilnya, tak hanya lebih kokoh menahan terpaan angin pada tanaman cabainya, bunga-bunga matahari di lahan ini juga tampil cantik dan instagenik. Traveler bisa menikmati view yang sempurna bila mendapati bunga-bunga matahari kuning ini sedang mekar merekah sempurna di seluruh lajur.

Tak perlu biaya besar bagi traveler menikmati pesona bunga matahari, karena tiket taman matahari hanya bekisar Rp5.000 per orang, maka anda telah diperbolehkan berselfie ria di taman indah ini. Ingat sebagai wisatawan bijak jangan sampai merusak tanaman milik orang ya.

 

Taman Bunga Matahari Samas, Bantul

Taman Bunga Matahari Samas Bantul

Kebun Bunga Matahari di Bantul ini memang luas terbentang di dekat Pantai Samas Bantul. Luas taman ini cukup besar yaitu sekitar 1.000 meter persegi. Lokasi salah satu taman bunga matahari Jogja ini berada di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Rute menuju kebun bunga matahari ini pun sangat mudah dimana kalian bisa langsung ambil Jalan Bantul, lurus terus hingga melewati Bantul Kota dan ambil lurus ke Jalan Samas. Lurus dan ikuti rute menuju Pantai Samas hingga masuk ke TPR. Kemudian lurus lagi akan menemukan persimpangan Jalur Lintas Selatan, ambil arah kanan (barat) sekitar 500 meter akan menemukan lokasi Kebun Bunga Matahari Pantai Samas karena sudah terlihat dari pinggir jalan.

Hamparan bunga matahari yang kuning cerah seakan-akan menyelimuti kawasan pantai. Sungguh indah dan mempesona. Sehingga membuat banyak pengunjung berdatangan kesini. Bu Etik Purwanti adalah pemilik kebun ini, mula-mulanya dia menanam bunga matahari untuk melindungi tanaman cabainya yang sering rusak terkena hembusan angin pantai sehingga bunga cabai rontok dan rusak. Namun ternyata bunga matahari yang ditanamnya itu semakin subur dan banyak. Karena berwarna kuning cerah dan sangat indah, banyak pengunjung yang tertarik untuk mengunjungi bunga mataharinya sekedar berfoto. Setelah itu foto-foto kebun bunga matahari menjadi viral di sosmed dan membuat lahan kebun bunga matahari menjadi ramai oleh pengunjung.

Harga tiket masuk kebun bunga ini adalah sebesar Rp5.000 dan parkir motor sebesar Rp2.000 dan jika anda ingiin membawa pulang satu bunga matahari, anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp10.000

 

Taman Gumuk Pasir, Pantai Parangkusumo, Bantul

Taman Gumuk Pasir, Pantai Parangkusumo, Bantul

Di antara Pantai Depok dan Pantai Parangtritis ada pemandangan yang unik dan mengesankan yaitu terdapat gumuk pasir yang biasanya dijumpai di negara-negara Timur Tengah. Tentu saja ini bukan sembarang gurun pasir karena fenomena alam ini hanya ada di pantai selatan Jogjakarta tepatnya di kawasan wisata Pantai Parangkusumo. Kita tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri hanya untuk melihat bukit-bukit berpasir, saat ini cukup datang ke Jogjakarta saja dan pemandangan khas gurun pasir pun bisa dinikmati. Sekarang di Gumuk Pasir Parangkusumo ini ada destinasi wisata baru yaitu Taman Bunga.

Taman Bunga di Gumuk Pasir Parangkusumo menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggunjung yang awalnya hanya ingin datang ke Pantai Parangtritis atau Pantai Depok. Mereka berbondong-bondong menyempatkan diri untuk mampir ke tempat ini agar bisa menikmati keunikan dan keindahan salah satu fenomena alam yang ada di Indonesia bahkan di Asia Tenggara sekalipun. Gumuk pasir yang ada di Parangkusumo bahkan telah diakui sebagai world heritage atau warisan dunia oleh PBB. Sehingga popularitas tempat ini pun meningkat sangat pesat dan menjadi destinasi utama saat datang ke Yogyakarta. Taman Bunga di Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki aneka bunga seperti bunga matahari dan bunga celosia yang dibentuk ikon Love dari kejauhan.

Harga tiket masuk ke Taman Bunga Gumuk Pasir Parangkusumo Retribusi Jalan lintas Selatan, di sini kamu harus membayar Rp6.000/orang. Setelah itu ketika kamu sudah memilih kebun yang ingin kamu kunjungi maka biaya yang harus kamu keluarkan adalah pakirnya Rp2.000/motor lalu masuk ke dalam taman bunga nya Rp 5.000/orang. Daya tarik lainnya adalah kamu bisa merasakan sensasi berseluncur dari atas bukit mengunakan papan seluncur atau terkenal dengan istilah sandboarding. Ada beberapa tempat penyewaan papan seluncur dengan harga yang bervariasi tergantung lamanya durasi. Umumnya para penyuka tantangan akan mencoba aktivitas ekstrim ini dan berusaha untuk menaklukkan bukit pasir yang ada.

 

Silahkan baca juga tawaran Paket Wisata Murah kami:
  1. Paket Wisata jogja
  2. Paket Wisata Karimunjawa
  3. Paket Wisata Malang
  4. Paket Wisata Bali
  5. Paket Wisata Lombok

 

Nah itu lah tempat-tempat taman bunga matahari Jogja yang terbaru. Semoga bisa menjadi pertimbangan di kala anda akan liburan ke tempat tersebut.

Jika kalian ingin bertanya atau berkonsultasi tentang Paket Wisata, kalian bisa langsung menghubungi kami gratis via Telp/SMS/WA:

0811-2827-314 0811-2827-315

Atau kalian juga bisa datang langsung ke Outlet kami di:

Jl. Wonosari km 7.5 Mantup, Banguntapan, Yogyakarta
Tags

Related Articles

2 thoughts on “Taman Bunga Matahari Jogja Terbaru yang Wajib Dikunjungi”

  1. Taman bunga Matahari merupakan salah satu obyek agro wisata yang sedang trend saat ini karena keindahan kebun bunga matahari memang cukup menarik untuk dijadikan tempat berfoto ria untuk dipajang di Instagram atau situs social media lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also Close
Copyrighted.com Registered & Protected